TEAM TEACHING (GAYA PENGAJARAN SEKARANG)


Berdasarkan wawancara dengan adik saya sendiri yang duduk di kelas tiga SMA, gaya mengajar di sekolahnya agak berbeda dengan dulu. Sejak semester dua ini, di sekolahnya yang menerapkan KBK, dilakukan gaya pengajaran team teaching.         Team teachguruing adalah gaya pengajaran dimana dua orang guru mata pelajaran yang sama, bersama-sama mengajar dalam satu kelas.  Satu guru tetap dominan mengajar di kelas, sedangkan guru yang lain sedikit menambahi bila ada yang perlu. Menurut adik saya, tidak ada masalah memahami pelajaran dengan gaya team teaching ini.  Selama guru yang satu dengan yang lain bisa nyambung. Adakalanya guru tambahan tidak sinkron dengan guru yang dominan. Guru tersebut menyalahkan apa yang diajarkan oleh guru dominan. Sehingga terjadilah perselisihan di depan kelas, yang otomatis membuat siswa bingung mana ajaran yang benar dan bingung sendiri karena gurunya malah berselisih yang tidak perlu.

Seharusnya guru-guru yang mendapat kesempatan mengajar bersama di suatu kelas , sebeleumnya harus berkoordinasi , menyatukan pikiran, bahan mana yang akan diajar, dan sebagainya.

Semoga gaya baru pengajaran ini bisa memberikan hasil lebih baik, bila dipersiapkan dengan matang dan dilakukan orang-orang yang berkompeten.

Semoga Bermanfaat.

2 Komentar (+add yours?)

  1. farida
    Feb 27, 2009 @ 13:58:07

    yyyupz, bener tuh. harus ada kordinasi n pmahaman yg benar terhadap materi yg diajarkan, jgn bikin lenong depan siswa dunkz.

    btw, 1 kelas tuh berapa orang seh siswanya?

  2. oogitu
    Feb 27, 2009 @ 15:10:51

    satu kelas sekitar 45 siswa. Adik saya sekolah di SMA negeri jadi sekelas ya lumayan banyak siswanya.
    Salam kenal ya mbak Farida.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: