PERMAINAN ANAK JAMAN DULU


Berikut ini merupakan macam-macam permainan anak jaman dulu (termasuk saya yang syukurlah pernah mengalami masa-masa bahagia itu).  Permainan anak jaman dulu itu bisa dibilang kreatif. Bagaimana tidak, dengan alat seadanya malah ada yang tidak menggunakan alat sama sekali tapi rasa ‘excited’ itu tidak bisa digantikan oleh permainan virtual seperti yang ada sekarang, contoh : Play Station, dan sebagainya. Ini dia:

bekel

bekel

  1. Bekel: permainan menggunakan bola karet kecil dan lima buah ‘bekel’ . Ada lima tahap dilalui yaitu, tahap pertama sambil duduk , bola dilemparkan kira-kira setinggi kepala, selama bola di udara bekel diambil  satu-satu, lalu diambil dua-dua, sampai lima limanya diambil. Tahap kedua: ‘pit’, Ketiga: ‘ro’, Keempat ‘klat’, kelima ‘s’. Maksud saya disini, bekel harus diubah menurut posisi menurut urutan. Tahap keenam , Naspel. Waktu ‘naspel’, bekel diubah posisi seperti tadi hanya saja pemain tidak boleh terlihat gigi. Bila gagal, ganti pemain lain.
  2. Engkle (huruf ‘e’ dibaca seperti ‘e’ pada ‘sate’) : Engkle merupakan permainan menggunakan ‘gaco’ dan  ‘gambar engkle’ pada jalan atau tanah. “gaco’ bisa berupa batu, karet atau apa pun. “gambar engkle’  pada jalan biasanya digambar menggunakan batu bata atau kapur.  Cara mainnya : pemain pertama melemparkan ‘gaco’ pada ‘gambar engkle’. lalu melompat mengikuti gambar itu sambil mengambil ‘gaco’ dan kembali ke awal / start.
  3. Deli’ – deli’an (petak umpet). Permainan dimana seorang anak pada suatu ‘markas’ menutup mata sambil menghitung angka misal dari satu sampai tiga puluh. Anak-anak lain bersembunyi. Anak yang kebagian menghitung tadi setelah selesai menghitung bertugas mencari anak lain.  Bila anak lain ketahuan , anak penghitung tadi harus berlomba dengan anak yang ketahuan untuk memegang ‘markas’ sambil mengatakan ‘SKIT’.  Bila anak penghtitung tadi terlambat, maka dia harus menjadi anak penghitung lagi, sebaliknya anak ketahuan harus jadi anak penghitung.
  4. Dolip-dolipan. Permainan dimana ada anak berusaha memegang anak lain untuk menggantikan dirinya. Anak lainnya harus berlari agar selamat.  Bila anak pengincar mulai mendekat, anak lain bisa selamat  dengan meletakkan jari telunjuknya ke bibir sampil mengatakan ‘DOLIP’.  Selama ‘Dolip’, anak itu harus mematung dan tidak boleh terlihat giginya. Anak lain bisa membebaskan anak ‘dolip’ dengan memegang anak itu dan mengucapkan ‘SARI BUAH’. Anak ‘dolip’ pun bebas berlari kembali dan menjadi incaran.
  5. Loncatan : Permainan menggunakan tali karet. Dimana peloncat tidak boleh kena karet. Cara meloncat bisa menggunakan gaya ‘wedo’an’ atau ‘lanangan’. Buat yang belum bisa loncat, biasanya anak kecil , dijadikan ‘pupuk bawang’. Dia boleh loncat mengenai karet. Atau ada istilah ‘ranjuk’ , buat mereka yang tidak bisa loncat . Tahapannya, pertama tali digoyang-goyang di atas mengenai tanah, lalu tali dinaikkan setinggi lutut / dengkul, lalu setinggi pinggang atau ‘ugil-ugil’, lalu setinggi dada, setinggi  telinga/ kuping, setinggi kepala , diteruskan setinggi tangan yang dikepalkan ke atas / merdeka, terakhir istilahnya ‘ merdeka tim’ yaitu seperti merdeka ditambah ujung telunjuk mengarah ke atas.
  6. Bongkar pasang. Permainan anak perampuan menggunakan gambar berupa orang dan pakaiannya. Orang dan pakaian ini berrmacam – macam bentuk. Biasanya anak perempuan akan membuat juga rumah-rumahan untuk bongkar pasangnya. Rumah-rumahan ini desainnya seperti rumah biasa hanya tidak beratap. Biasanya furnitur terbuat dari kardus kecil, dan sebagainya. Misal, tempat tidur terbuat dari bungkus rokok, dan sebagainya tergantung kreativitas.
  7. Ceblek Nyamuk: Dalam permainan ini ada dua orang berdiri disamping kanan dan kiri seorang anak. Tiap anak yang lewat akan berusaha dikenai badannya / diceblek,. Bila kena, anak tadi akan menggantikan posisi anak pen-ceblek.
  8. Benteng-bentengan
  9. Patil Lele
  10. Slebor
  11. Gobak Sodor ( Go Back so Door, bahasa aslinya)
  12. Dakon
  13. Mariam-mariam
  14. Putri-putrian

Sungguh masa-masa menyenangkan dan tak perlu mengeluarkan banyak uang. :D

About these ads

13 Komentar (+add yours?)

  1. musya
    Apr 28, 2009 @ 17:01:17

    kok jenis permainan 8-14 gak dijelasin??

  2. oogitu
    Apr 29, 2009 @ 09:32:36

    masih dalam tahap penelitian , halah,,,,,, :D , tunggu tanggal mainnya,,,
    salam kenal musya

  3. ctal
    Jun 21, 2009 @ 04:37:29

    hoa… kangen maen loncat karet ama gobak sodor… istilah permainannya aneh” tapi klo dari deskripsinya.. sama aja (saya sendiri lupa dengan istilah nama permainannya)

  4. romiie
    Jul 18, 2009 @ 07:33:05

    yoyo termasuk permainan jaman dulu kan??? lalu ada juga congkak, jalan galah dll….. tolong juga diteliti yah…

  5. selvi
    Okt 23, 2009 @ 12:59:41

    kenapa permainan benteng.galaksi,getok lele,bola gebok,demprak ga ada penjelasannya
    tolong di tambah penjelasannya ?

  6. oogitu
    Des 17, 2009 @ 13:53:07

    @ctal : hehe, loncat karet ama gobak sodor emang istilah di daerahku, mungkin tipe permainannya sama aja kaya yg ditempatmu, beda nama doang :D

    @ romie : wah iya ya,,,,, tengkyu2 sarannya, ntar aq tambahin juga :)

    @selvi : hehe, permainan yang aq tulis disini kebetulan yang dulu aq pernah mainin . Ntar aq tambah juga yg lain2 :)

  7. shofiatun ni'mah
    Mar 07, 2010 @ 11:07:58

    apa g’ ada yang lain?

  8. adib
    Mar 13, 2010 @ 22:14:26

    goods idea… maybe if you have many kids game,,, you can send in my Email,,, ok thank

  9. ignas
    Mar 22, 2010 @ 21:10:42

    bisa lihat permainan virtual family

  10. racel patricia
    Agu 31, 2010 @ 20:00:30

    kayanya san9at enak main yan9 jaman daulu de becu becu becul

  11. Resta
    Jan 19, 2011 @ 17:19:22

    ada permainan baru gak ??
    di tunggu.

  12. ulfina puspa
    Feb 04, 2011 @ 13:36:09

    kayaknya enak main – mainan jdahulu aku suka lompat tali , lompat kodak , main di sawah,main ada rumah kosong dan petak umpet

  13. Trackback: Fun Games | beaux moments

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: